Mei 2019, Pemerintah Teken Kontrak Pengadaan Satelit

Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pada awal bulan Mei 2019 nanti, pemerintah akan menandatangani kontrak pengadaan satelit untuk layanan telekomunikasi di Indonesia.

Menteri Kominfo mengatakan, pemerintah telah menyiapkan pengadaan satelit tersebut sejak tiga tahun yang lalu, yakni pada tahun 2016.

“Insyaallah minggu depan, awal bulan Mei ditandatangani kontrak pengadaannya, tapi satelitnya nanti baru di tahun 2020,” kata Menteri Rudiantara dalam Talkshow : Akses Internet Tingkatkan Kreatifitas Bangsa di Jakarta, Sabtu (27/04/2019).

Menurut Menteri Rudiantara, melalui satelit tersebut, pemerintah memastikan akan menghubungkan dan memberikan layanan internet untuk fasilitas pendidikan, kesehatan, dan fasilitas sosial lainnya.

“Ada sekitar 214 ribu sekolah SD, SMP, SMA. Ada kantor desa 83 ribu bagaimana kita hubungkan semuanya? Satu-satunya cara adalah menggunakan satelit,” imbuhnya. 

Selain fasilitas sekolah dan kantor desa, juga ada fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit maupun fasilitas lainnya, harus segera dihubungkan dengan broadband.

Menteri Rudiantara optimistis dengan adanya satelit tersebut, merupakan kesempatan yang baik untuk generasi Indonesia saat ini. Pasalnya, Indonesia akan berada di puncak demografi, sehingga tepat kalau infrastruktur telekomunikasi harus dimanfaatkan oleh generasi milenial.

“Ini kesempatan yang baik sebetulnya bagi anak-anak muda Indonesia. Ini tahun 2019, saya ambil patokan tahun 2030, Indonesia akan berada di puncak bonus demografi,” ucap Menteri Rudiantara. **

SUMBER BERITA
KONTRAK SATELIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *