VPN GRATIS DAN RESIKONYA

Akses Internet

Semua perangkat komputer baik itu Personal Computer baik yang ada  di rumah, di kantor, di warnet dan perangkat Laptop maupun HP yang digunakan untuk mengakses jaringan internet selalu terkoneksi pada router. Router terkoneksi pada ISP(Internet Service Provider)

Internet Service Provider

ISP menghubungkan user dengan global network, seperti facebook, youtube, instagram, website

ISP inilah yang mengatur akses data dari pengguna ke aplikasi atau website. ISP membuat program blacklist untuk memblokir semua request ke domain tsb. Program ini bisa diatur sedemikian rupa seperti bisa mengirim teks namun gambar tidak.

VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang berfubgsi sebagai jembatan dari jaringan internet yang kita akses ke jaringan server(ISP) milik orang lain yang tidak terikat dengan negara kita.

Cara kerjanya

Misalkan kita mengakses facebook melalui ISP sesuai dengan provider yang sama. Namun jaringan akses data kita dibelokkan ke aplikasi VPN lain. Request kita dikirim ke server VPN baru masuk ke FB.

Resikonya Ketika kita memakai VPN gratis, kita tidak tahu apa yang server vpn lakukan terhadap jaringan kita. Bisa saja mereka menyalin aktivitas dan data kita karena mereka tidak memiliki syarat dan ketentuan yang pasti. Setiap data dan informasi yang telah disalin atau dicuri tanpa sepengetahuan kita bisa saja digunakan untuk berbagai kejahatan dunia maya seperti pembobolan rekening bank, pemalsuan identitas, penipuan, pemerasan dan lain lain.

Akhir-akhir ini banyak pengguna smartphone marak menggunakan VPN gratis yang tersedia di PlayStore agar tetap terkoneksi dengan media sosial (WhatsApp, Facebook, Instagram, dll). Namun demikian, VPN gratis tersebut dapat memiliki sejumlah resiko, seperti:
1. Pencurian data pribadi
2. Penyebaran Malware (aplikasi yang bersifat merusak sistem)
3. Risiko perekaman aktivitas atau data pengguna oleh pihak yang tidak berkepentingan
4. Serangan Adware (iklan yang mengganggu)

(DariBerbagaiSumber/ByJackNuwaFeto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *