[DISINFORMASI] Penggunaan Obat Trombolisis di RSPON Tidak Bisa Lebih dari 4 Jam Setelah Kejadian Stroke

Spread the love

Penjelasan :

Beredar pesan berantai pada media sosial yang memberikan informasi terkait penanganan pasien Stroke. Pada pesannya disebutkan bahwa pasien yang baru saja mengalami Stroke agar segera dibawa ke rumah sakit untuk diberikan obat Trombolisis berupa cairan yang dimasukkan melalui infus yang berfungsi menjebol blokade di bagian pembuluh darah yang tersumbat, namun obat ini harus masuk ke dalam tubuh pasien maksimal 4 jam setelah kejadian, apabila lebih dari waktu tersebut maka metode ini tidak bisa digunakan lagi. Pesan tersebut pula mencatut nama RS Pusat Otak Nasional (RS PON) Jakarta sebagai rumah sakit rujukan pasien Stroke dengan gejala demikian. 

Faktanya, informasi pada pesan berantai tersebut adalah salah. Pihak RS PON Jakarta mengklarifikasi bahwa pesan tersebut bukan berasal dari RS PON, adapun penjelasan mengenai metode pemberian obat Trombolisis pada pasien Stroke tidak bisa lagi dilakukan setelah lebih dari 4 Jam adalah sesat. Pada kasus stroke sumbatan diatas 4,5-6 jam, masih dapat dilakukan metode mekanikal trombektomi, yakni menggunakan alat khusus untuk menarik atau melepaskan sumbatan/ bekuan dari pembuluh darah di otak tersebut. Evaluasi tindakan trombektomi dapat dimulai dari awal pemberian trombolisis melalui pemeriksaan monitor pembuluh darah otak yaitu transcranial doppler ataupun melalui pencitraan struktur otak melalui MRI otak dan angiography. Pada beberapa hasil studi, tindakan ini masih bisa dilakukan pada periode sumbatan 6 hingga 12 jam, akan tetapi pada prinsipnya semakin cepat ditangani (di bawah 6 jam), maka hasilnya akan lebih baik.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://data.jakarta.go.id/jalahoaks/detail/HOAKS-Penggunaan-Obat-Trombolisis-di-RSPON-ke-Dalam-Tubuh-Pasien-Stroke-Maksimal-4-Jam-Setelah-Kejadian

https://www.rspon.co.id/buletin/Buletin%20Edisi%20VIII.pdf

SUMBER BERITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *