[DISINFORMASI] Video Bukti Varian Omicron Hanya Dibuat-buat

Spread the love

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial Twitter sebuah video yang menunjukkan sekelompok orang tengah mendokumentasikan sesuatu di rumah sakit. Dalam video tersebut juga disertai sebuah narasi yang menyatakan bahwa video itu merupakan bukti bahwa varian Omicron hanya dibuat-buat oleh media.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak membuktikan bahwa varian Omicron hanya dibuat-buat. Melansir dari AFP, seorang juru bicara rumah sakit Shamir Medical Center, Liad Aviel menjelaskan bahwa video tersebut merupakan video promosi fasilitas kesehatan rumah sakit Shamir Medical Center di Israel pada Maret 2021 lalu, sebelum kasus pertama varian Omicron terdeteksi. Video promosi yang di maksud telah diunggah di kanal YouTube Shamir Medical Center dengan judul video “Shamir Medical Center – A Groundbreaking Technological Power” yang ditulis dalam Bahasa Ibrani. Lebih lanjut, Aviel mengatakan seorang karyawan rumah sakit telah merekam adegan itu dan membagikannya di Facebook. “Sayangnya, itu menjadi berita palsu, tetapi kami tidak ada hubungannya dengan itu,” katanya kepada AFP pada 11 Maret 2021.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

Link Berita:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/38891/disinformasi-video-bukti-varian-omicron-hanya-dibuat-buat/0/laporan_isu_hoaks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *