Home » PAMERAN PEMBANGUNAN TAHUN 2018

PAMERAN PEMBANGUNAN TAHUN 2018

PAMERAN PEMBANGUNAN TAHUN 2018

(Sinergi Pemerintah, Swasta dan Masyarakat)

Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-90, Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Kominfo kembali menggelar Pameran Pembangunan dari tanggal 19 hingga 29 Oktober 2018 di Lapangan Kartini Bajawa. Pameran Pemabngunan mengusung tema “Melalui Pameran Pembangunan dan Bursa Inovasi Desa, Kita tingkatkan kreativitas pemuda dalam membangun Ngada’’. Pameran tahun ini akan menampilkan berbagai capaian pembangunan dari berbagai perangkat daerah lingkup Pemda Ngada, Instansi vertikal dan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Ngada.

Pameran pembangunan merupakan program rutin Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya memberi ruang kepada para pengusaha baik pengrajin, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Industri Kecil dan Menengah sebagai wahana mensosialisasikan program dan hasil pembangunan kepada masyarakat sehingga lebih memantapkan semangat nasionalisme, cinta dan bangga kepada daerah dan tanah air.

Pameran pembangunan menggambarkan proses partisipasi dan sinergi semua komponen baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat  dalam pembangunan daerah menuju pencapaian implementasi visi dan misi Kabupaten Ngada sekaligus dokumentasi dan publikasi atas peran serta semua komponen yang telah mendorong akselerasi program pembangunan.

Pameran Pembangunan selama ini telah mendorong partisipasi kalangan Usaha Kecil dan Menengah,sebagai representasi perkembangan ekonomi kerakyatan. Pelaku Usaha Kecil dan Menengah dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang promosi. Dengan berbagai kegiatan promosi yang berkelanjutan  akan mampu memotivasi tumbuh-kembangnya Usaha Kecil dan Menengah yang ada di Kabupaten Ngada dan sekitarnya, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai leading dari pameran telah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pelaku usaha kreatif untuk mempromosikan hasil produksinya. Dalam rangka menjawabi kebutuhan masyarakat kota dan sekitarnya yang haus akan hiburan, Dinas Kominfo menghadirkan panggung lomba hiburan dan aneka stand permainan. Pameran pembangunan juga merupakan ajang penyaluran bakat dengan bebrbagai mata lomba yang diadakan bagi para siswa sekolah yang selama ini “kehilangan” tempat berekspresi. Pameran juga merupakan ajang wisata kuliner yang selama ini dirindukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Perputaran uang terasa begitu cepat terjadi dalam ajang pameran pembangunan. Terbukti dengan peredaran uang yang rata-rata mencapai puluhan juta dalam satu hari.

Pameran Pembangunan Tahun 2018 kali ini dibuka dengan kegiatan Ja’i massal yang melibatkan berbagai unsur masyarakat muali dari kalangan siswa tingkat Sekolah Dasar, SMP maupun SMP, para Aparatus Sipil Negara bahkan sejumlah warga masyarakat Kota Bajawa dan sekitarnya.

Pameran Pembangunan Tingkat Kabupaten Ngada Tahun 2018 ini diisi dengan berbagai kegiatan lomba antara lain Lomab Pidato Tingkat SMP, Lomba Debat Tingkat SMA, Lomba Fashion Show Tingkat SD, SMP, dan SMA, Lomba Stand Up Comedy Tingkat SMP dan SMA.

Penutupan Pameran Pembangunan Tahun 2018 diadakan pada Tanggal 29 Oktober 2018, melenceng sehari dari jadwal yang telah direncanakan. (/ByJackNuwaFeto)
Foto: Facebook