Profil

  1. DATA DINAS

NAMA                                   : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN NGADA

 

Nama Kepala Dinas         : MOI NITU ANASTASIA,SE, M.A.P

NIP                                         : 19642406 198902 2 003

 

Alamat                                  : Jalan TW Mengeruda Bajawa

Email                                     : kominfo@ngadakab.go.id

Website                               : www.kominfo.ngadakab.go.id

 

  1. SEJARAH DINAS

Dinas Kominfo Kabupaten Ngada dibentuk melalui Peraturan Daerah Kabupaten Ngada Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang berkedudukan sebagai unsur pelaksana otonomi daerah, yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati mellaui Sekretaris Daerah.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang komunikasi dan informatika;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

 

  • SUMBER DAYA MANUSIA
  • Komposisi Status Kepegawaian
  • Jumlah Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Dinas Kominfo sebanyak 20 orang terdiri dari 18 PNS dan 2 non organik.
  • Komposisi Eselon PNS
  • Eselon II-a : 1 orang
  • Eselon III-a : 1 orang
  • Eselon III-b : 2 Orang
  • Eselon IV-b : 6 Orang
  • Pelaksana : 8 orang.
  • Komposisi Pendidikan PNS
  • SLTP : 1 orang
  • SLTA : 8 orang
  • D3:1 Orang
  • S-1 : 7 orang
  • S-2 : 2 orang
  • Data ASN menurut Gender
  • Laki-laki : 10  orang
  • Perempuan : 10  orang

VISI DAN MISI

VISI : Terwujudnya masyarakat Ngada dengan taraf hidup yang berkualitas, mandiri, berbudaya, unggul dan sejahtera berlandaskan etos kerja yang tinggi dan pembangunan yang berkelanjutan.

MISI :

Meningkatkan kapasitas layanan penyebaran informasi, memberdayakan potensi masyarakat serta kerjasama lembaga komunikasi dan informatika.

Mengembangkan aplikasi, muatan layanan publik, pemanfaatan jaringan TIK

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
  2. Sesuai dengan Perda Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, disebutkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada berkedudukan sebagai unsur pelaksana otonomi daerah, yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  3. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi sebagai berikut :
  4. Perumusan kebijakan teknis dibidang Komunikasi dan Informatika;
  5. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Komunikasi dan Informatika;
  6. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.
  8. Sesuai dengan Peraturan Bupati Ngada Nomor  51 Tahun 2016 Tentang Struktur Organisasi. Uraian Tugas Sekretariat, Bidang, Sub Bagian Dan Seksi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada dijabarkan sebagai berikut :
  1. Sekretariat
    • Sekretaris mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, penyusunan program dan keuangan;

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Mengkoordinasi kegiatan penyusunan, perumusan dan kebijakan di bidang Komunikasi dan Informatika;
  2. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan keuangan;
  4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian;
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas yang ada pada bidang-bidang;
  6. Mengkoordinasikan penghimpunan data dari setiap bidang;
  7. Mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan tugas dan kegiatan pada sub-sub bagian;
  8. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan pada sub-sub bagian;
  9. Mewakili kepala badan apabila kepala badan berhalangan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok;
  11. Membagi tugas dan memberikan penilaian kepada bawahan;
  12. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas pada sub-sub bagian;
  13. Memberikan saran dan pendapat kepada atasan baik lisan maupun tulisan;
  14. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  • Sekretaris dibantu oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dengan tugas sebagai berikut :
  1. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, mempunyai tugas :
    1. Menghimpun dan menyusun rencana serta melaksanakan urusan perencanaan skala bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
    2. Menghimpun dan menyusun rencana serta melaksanakan urusan evaluasi skala bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
    3. Menghimpun dan menyusun rencana serta melaksanakan urusan pelaporan skala bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
    4. Menghimpun data untuk penyusunan dan penetapan Rencana Strategis, Program dan Kegiatan Organisasi;
    5. Merencanakan dan memimpin kegiatan pengelolaan keuangan organisasi bagi kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas;
    6. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan sistem akuntansi pemerintahan;
    7. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan sirkulasi urusan keuangan berdasarkan petunjuk dan ketentuan yang berlaku;
    8. Merencanakan dan memimpin pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dalam rangka penertiban administrasi keuangan;
    9. Merencanakan dan memimpin kegiatan verifikasi anggaran belanja organisasi;
    10. Merencanakan dan memimpin kegiatan penerimaan organisasi dan kebutuhan rumah tangga berupa Daftar Usulan Kegiatan (DUK) dan Daftar Isian Kegiatan (DIK);
    11. Merencanakan dan memimpin kegiatan penyusunan laporan bulanan, triwulan, tahunan hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan;
    12. Merencanakan dan memimpin kegiatan pengadaan barang atau inventaris organisasi;
    13. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan;
    14. Membimbing, memeriksa dan mengoreksi pelaksanaan tugas bawahan;
    15. Mengontrol, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
    16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok;
    17. Memberikan saran dan pendapat kepada atasan baik lisan maupun tulisan;
    18. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas :
  3. Merencanakan dan memimpin kegiatan pengumpulan, penataan, pengolahan dan pemeliharaan data umum dan kepegawaian;
  4. Merencanakan dan memimpin kegiatan pengagendaan surat masuk/keluar serta pendistribusian surat masuk yang telah didisposisi oleh pimpinan sekaligus melakukan pengarsipan surat secara tertib;
  5. Merencanakan dan memimpin kegiatan penyusunan daftar urutan kepangkatan (DUK) dan daftar nominatif pegawai dan bahan usulan kenaikan pangkat berdasarkan periode yang telah ditetapkan;
  6. Merencanakan dan memimpin kegiatan penyiapan bahan usulan bagi pegawai yang akan mengikuti diklat penjenjangan, ujian dinas, diklat teknis maupun fungsional;
  7. Merencanakan dan memimpin kegiatan penyiapan sarana dan prasarana sehubungan dengan rapat dinas;
  8. Merencanakan dan memimpin kegiatan pengumpulan data dan informasi dalam pengusulan Karpeg, Karis/Karsu, Taspen, Askes, pemberian cuti dan usulan pemberian tanda jasa, Bapertarum, usulan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala;
  9. Mengkoordinir kebersihan, keamanan dan ketertiban, kenyamanan kantor dan lingkungan sekitarnya;
  10. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan;
  11. Membimbing, memeriksa dan mengoreksi pelaksanaan tugas bawahan;
  12. Mengontrol, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok;
  14. Memberikan saran dan pendapat kepada atasan baik lisan maupun tulisan;
  15. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  16. Bidang Komunikasi dan Informasi

Bidang Komunikasi dan Informasi mempunyai tugas merencanakan kegiatan di bidang komunikasi pada seksi-seksi berdasarkan tugas, permasalahan dan kebijaksanaan yang ada.

Dalam melaksanakan  tugas Bidang Komunikasi dan Informasi, mempunyai fungsi:

  1. Mengarahkan penyusunan rencana kegiatan di bidang komunikasi pada seksi-seksi berdasarkan tugas, permasalahan dan kebijaksanaan yang ada;
  2. Menyusun rencana program di bidang komunikasi berdasarkan usulan Seksi-seksi dan skala prioritas untuk bahan perumusan Rencana Strategis Organisasi;
  3. Menyusun rencana pelaksanaan program di bidang komunikasi berdasarkan Rencana Strategis Organisasi;
  4. Mendistribusikan tugas kepada para Kepala Seksi sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  5. Menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan program di Bidang Komunikasi dan Informasi untuk mewujudkan keterpaduan dan keserasian kerja;
  6. Mengendalikan pelaksanaan tugas administratif dan teknis operasional di Bidang Komunikasi dan Informasi dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan kerjasama antar bidang untuk tercapainya sasaran program;
  8. Merencanakan operasional program dan kegiatan penyiaran, kelembagaan komunikasi sosial, pemerintah dan pemerintah daerah serta kemitraan media;
  9. Merumuskan upaya peningkatan dan pengembangan program di Bidang Komunikasi dan Informasi;
  10. Melaksanakan perancangan e-Government Pemerintah Kabupaten;
  11. Merumuskan kebijakan teknis pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi media komunikasi dan informasi;
  12. Melakukan pengkajian terhadap pemanfaatan media komunikasi dalam melakukan penyebarluasan informasi dan sosialisasi kebijakan dan program pembangunan daerah;
  13. Melaksanakan fasilitasi pengkomunikasian kegiatan di program kerja pemerintah daerah melalui berbagai media komunikasi yang ada yang dilaksanakan lembaga/badan dan ormas;
  14. Melaksanakan pengawasan dan pembinaan serta evaluasi kegiatan pembangunan daerah di bidang komunikasi dan informasi;
  15. Menilai bawahan sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku untuk mengetahui kinerja bawahan;
  16. Melakukan pembinaan terhadap pegawai dalam lingkup bidang komunikasi dengan membimbing, menegur, memberikan sanksi dan memberikan penghargaan untuk peningkatan kinerja;
  17. Mengevaluasi pelaksanaan program berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan permasalahan yang dihadapi, serta pemecahan masalahnya;
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  19. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai data dan bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan.
  1. Bidang Komunikasi dan Informasi, terdiri atas :
    1. Seksi Diseminasi dan Kelembagaan Informasi;
    2. Seksi Pendayagunaan Media Komunikasi, Pelayanan Publik dan Persandian;
  2. Masing-masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  • Seksi Diseminasi dan Kelembagaan Informasi, mempunyai tugas :
    1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Seksi Diseminasi dan Kelembagaan Informasi berdasarkan tugas, permasalahan dan kebijaksanaan sebagai bahan penyususnan Rencana Strategis Organisasi;
    2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis Organisasi;
    3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai jabatan;
    4. Mempersiapkan materi informasi dan menyebarluaskan melalui mobil unit suara;
    5. Mempersiapkan peralatan sound system pada acara/kegiatan Pemerintah Daerah;
      1. Mempersiapkan materi dan melaksanakan pameran pembangunan Tingkat Kabupaten/Kota;
      2. Melakukan pembinaan terhadap kelompok pertunjukan rakyat;
      3. Mempersiapkan materi informasi dan menyebarluaskan melalui media pertunjukan rakyat;
      4. Melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM);
      5. Memberikan rekomendasi persyaratan administrasi dan kelayakan data teknis terhadap permohonan izin penyelengaaraan Radio, Televisi, dan Telkom;
      6. Melaksanakan identifikasi lembaga masyarakat serta pranata kelompok binaan dan kelompok usaha bidang komunikasi dan informasi;
      7. Pengawasan, pembinaan, dan pengendalian di bidang pelayanan serta pendayagunaan media publik, media komunikasi kelompok dan media komunikasi tradisional;
      8. Melakukan pembinaan terhadap pegawai dengan membimbing, menegur, memberikan sanksi dan memberikan pengharagaan untuk peningkatan kinerja;
      9. Mengevaluasi pelaksanaan program berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan permasalahan yang dihadapi, serta pemecahan masalahnya;
      10. Merumuskan upaya peningkatan dan pengembangan program Seksi Diseminasi Informasi;
      11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugasnya;
      12. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai data dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
  • Seksi Pendayagunaan Media Komunikasi, Pelayanan Publik dan Persandian, mempunyai tugas:
    1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Pendayagunaan Media Komunikasi dan Pelayanan Publik berdasarkan tugas, permasalahan dan kebijaksanaan sebagai bahan penyusunan Rencana Strategis Organisasi;
    2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis Organisasi;
    3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai jabatan;
    4. Melakukan pengkajian terhadap pemanfaatan media informasi dalam penyebarluasan informasi;
    5. Menyiapkan bahan dan melaksanakan fasilitas penyelenggaraan kegiatan pendayagunaan media yang akan dilaksanakan oleh SKPD/lembaga/ badan dan organisasi sosial kemasyarakatan;
    6. Menyiapkan bahan kerjasama dengan mitra kerja untuk pelaksanaan pameran dan promosi tentang kebijakan pemerintah dan potensi yang dimiliki;
    7. Melakukan pengawasan, pembinaan dan pengendalian media cetak dan elektronik serta media komunikasi masa lainnya;
    8. Melaksanakan koordinasi kerjasama dengan lembaga /instansi lain di bidang pendayagunaan media cetak dan elektronik serta media komunikasi massa lainnya;
    9. Melaksanakan kegiatan pelayanan komunikasi dan informasi, baik secara mobile maupun sebagai fasilitator infomobilisasi;
    10. Melaksanakan pelayanan komunikasi informasi melalui media mobile informasi;
    11. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi media publik, media komunikasi kelompok serta media komunikasi tradisional;
    12. Merumuskan upaya peningkatan dan pengembangan program Seksi Pendayagunaan Media Komunikasi dan Pelayanan Publik;
    13. Menilai bawahan sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku untuk mengetahui kinerja bawahan;
    14. Melakukan pembinaan terhadap pegawai dengan membimbing, menegur, memberikan sanksi dan memberikan penghargaan untuk peningkatan kinerja;
    15. Mengevaluasi pelaksanaan program berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan permasalahan yang dihadapi serta pemecahan masalahnya;
    16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugasnya;
    17. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai data dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

 

  1. Bidang Pengelolaan Data

Bidang Pengelolaan Data, mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang Pengelolaan Data;

Dalam melaksanakan tugas Bidang Pengelolaan Data mempunyai fungsi :

  1. Membuat program kerja bidang berdasarkan rencana kerja masing-masing;
  2. Mengatur, mendistribusikan, dan mengkoordinasikan tugas bawahan;
  3. Memberikan petunjuk, bimbingan, teknis dan pengawasan bawahan;
  4. Merumuskan kebijakan di bidang teknologi komunikasi dan sistem informasi berbasis elektronik (informatika) maupun manual;
  5. Melaksanakan fungsi bank data pemerintah daerah;
  6. Menyusun rencana dan program kerja di bidang pembangunan dan pengembangan sistem komunikasi dan informatika;
  7. Menyiapkan standar prosedur pembangunan dan pengembangan perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya manusia;
  8. Menyiapkan data base pembangunan dan pengembangan sistem komunikasi dan informatika pemerintah daerah;
  9. Mekaksanakan pengembangan jaringan dan manajemen sistim komunikasi dan informatika pemerintah daerah yang terintegrasi;
  10. Memberikan bimbingan teknis di bidang teknologi informasi serta pembangunan, pengembangan dan pengendalian sistim komunikasi dan informatika di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngada;
  11. Melaksanakan kerjasama dibidang teknologi komunikasi dan informatika dalam rangka pembangunan dan pengembangan serta pemanfaatan sistim komunikasi dan informatika pemerintah daerah dan;
  12. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai tugas pokok dan fungsi.

Bidang Pengelolaan Data , membawahi :

  1. Seksi Telematika, Pendayagunaan dan Pengembangan Sistem Informasi;
  2. Seksi Manajemen Informasi dan Statistik;

Masing-masing seksi dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang .

  • Seksi Telematika, Pendayagunaan dan Pengembangan Sistem Informasi, mempunyai tugas :
    1. Membantu kepala bidang dalam menyelenggarakan tugas di bidang Pegelolaan Data;
    2. Menyiapkan rencana kegiatan seksi sebagai bahan penyusunan;
    3. Menyusun laporan hasil kegiatan seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan bidang;
    4. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas bawahan;
    5. Memberikan petunjuk, bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
    6. Menyusun rencana program kerja dan petunjuk teknis di bidang pengembangan aplikasi teknologi komunikasi dan informatika;
    7. Melaksanakan program dan petunjuk teknis di bidang pengembangan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi;
    8. Melaksanakan pengawasan, pembinaan dan pengendalian di bidang pengembangan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi;
    9. Menyusun rencana dan pelaksanaan program kegiatan di bidang pengolahan perangkat lunak dan pemrograman sistim komunikasi data dan informatika;
    10. Merumuskan perancangan dan melaksanakan penerapan E-Government;
    11. Mengelolah dan mengembangkan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistim informasi pemerintah daerah;
    12. Menyiapkan standar, prosedur, pembangunan dan pengembangan perangkat keras dan jaringan komunikasi data dan informatika;
    13. Melaksanakan bimbingan teknis pembinaan, pembangunan dan pengembangan sistim komunikasi data informasi dan informatika;
    14. Melaksanakan bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas staf di bidang teknologi komunikas dan informatika;
    15. Mengendalikan dan memanfaatkan sistim komunikasi telematika;
    16. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pengintergrasian berbagai system komunikasi data dan informatika;
    17. Menyusun standarisasi spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dokumentasi, sistem dan pengkodean data master;
    18. Mengkoordinasikan pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen pemerintah daerah;
    19. Melaksanakan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana komputer;
    20. Menyiapkan bahan koordinasi dan lembaga atau instasi lain di bidang pengembangan Aplikasi Teknologi Komunikasi dan Informasi;
    21. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran dan pertimbangan pada pimpianan sesuai tugas pokok dan fungsi.
  • Seksi Manajemen Informasi dan Statistik, mempunyai tugas :
    1. Membantu kepala bidang dalam menyelenggarakan tugas di bidanng pengolahan data elektronik maupun manual;
    2. Menyiapkan rencana kegiatan seksi sebagai bahan penyusunan program bidang;
    3. Menyusun laporan hasil kegiatan seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan bidang;
    4. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan pelaksaan tugas bawahan;
    5. Memberikan petunjuk, bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
    6. Menyusun dan merencanakan program/kegiatan dan menyiapkan petunjuk teknis di bidangf pengumpulan, pengolahan serta pelayanan komunikasi data dan informasi elektronik (telematika) maupun manual;
    7. Melakukan pengumpulan, perekaman, verifikasi dan analisis serta pengendalian data yang bersifat elektronik maupun manual;
    8. Mengelolah dan menyediakan data base serta pelaksanaan layanan data;
    9. Melaksanakan bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas bagi pengelola perangkat keras dan jaringan komunikasi data secara elektronik maupun manual;
    10. Melaksanakan inspeksi dan pemeliharaan terhadap jaringan komunikasi data serta perangkat keras yang dimiliki;
    11. Melaksanakan pengembangan sistim informasi manajemen daerah yang dapat di akses secara cepat dan akurat;
    12. Melaksanakan pengelolaan isi situs atau website resmi Pemerintah Kabupaten Ngada;
    13. Mengkoordinasikan pengisian bahan atau materi website pemerintah daerah dengan satuan kerja perangkat daerah;
    14. Melakukan pelayanan data serta melaksanakan kerjasama teknis dengan lembaga dan instasi lain;
    15. Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
    16. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai tugas pokok dan fungsi.